Sabtu, 26 Januari 2019


TUMBUHKAN MINAT TINGGIKAN MOTIVASI

Pergeseran kata belajar menjadi pembelajaran dalam persekolahan seakan menunjukan berubahnya skema Mistar Aktivitas Guru-Siswa. Tingginya dominasi Guru dalam transformasi pengetahuan hingga mengalahkan kesempatan peserta didik untuk beraktivitas mengolah pikiran, rasa dan tubuhnya seakan berubah seratus delapan puluh derajat. Sekarang justru peserta didiklah yang mendapat kesempatan luas untuk merangkai moksa menjadi pengetahuan.
Untuk menjadikan aktivitas pembelajaran itu menjadi kegiatan yang menggairahkan bagi peserta didiknya, guru dapat memilih strategi, pendekatan, dan metoda yang sesuai dengan indikator dan tujuan yang hendak dicapai. Penggunaan sumber, alat, dan bahan pembelajaran juga lebih leluasa agar minat dan semangat belajar peserta didik semakin besar.
Membincangkan perkara minat dan semangat membuka kajian yang meng-korelasikan keduanya dengan orientasi dan motivasi. Pintrich  &  DeGroot  (1990, dalam  Donald,  1997:91) menyimpulkan bahwa minat  siswa  pada  suatu  hal  tertentu  akan memunculkan  self  regulation  dan  ketekunan pada  diri  mereka. Kemudian Schunk (2001)  menyatakan bahwa  self  regulation  dapat  ditingkatkan dengan adanya tujuan yang spesifik yang dimiliki oleh seseorang.  Untuk memiliki tujuan yang spesifik tersebut, terhadap peserta didik diberikan peninjauan (orientasi) atas tujuan dan arah yang hendak dicapainya.
Zimmerman & Kitsantas (2005), menyatakan  bahwa  keteraturan  diri  dalam  belajar (self  regulated learning)  dapat  meningkatkan keyakinan terhadap kemampuan yang dimiliki diri  sendiri  (self  efficacy),  dan  merupakan prediktor  kuat  untuk kesuksesan  akademik yang akan dicapai oleh seseorang yang dapat  memotivasi  mereka untuk  lebih teratur dalam belajarnya.
Meyakini kebenaran pendapat Pintrich  &  DeGroot, dan Zimmerman & Kitsantas diatas, dengan mengacu pada Program Sukses UN UPT SMP Negeri 2 Sungai Tarab TP 2018/ 2019 maka pada Kamis, 24/2019 UPT SMP Negeri 2 Sungai Tarab melaksanakan Orientasi dan Training Peningkatan Motivasi Bagi Peserta Didik Kelas IX dengan Trainer Maisyar Setyawan Munaf dari  BARKA TRAINING & COUNSULTING.
Kegiatan yang dirancang satu hari itu dibagi menjadi 4 sesi.  Sesi pertama berlangsung pukul 07.30 hingga pukul 09.30 dengan materi perkenalan, pemutaran video tentang kehidupan beberapa orang tokoh terkenal, dan penggalian cita-cita dan potensi peserta didik. Sesi kedua berlangsung pukul 10.00 hingga pukul 12.00 dengan materi peradaban manusia dan pentingnya ilmu pengetahuan. Jeda sesi pertama dengan sesi kedua dimanfaatkan oleh peserta untuk shalat dhuha dan istirahat dan jeda sesi kedua dengan sesi ketiga dimanfaatkan oleh peserta untuk ishoma.  
Sesi ketiga pukul 13.00 hingga pukul 14.30 Trainer Maisar Setyawan Munaf memberikan beberapa kuiz dan smart-solution dalam pemecahan soal ujian.  Kegiatan yang diiringi dengan pemberian cendramata ini terlihat asyik dan menyenangkan bagi peserta didik. Beberapa dari mereka terlihat saling berebut menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Trainer. 
Sesi keempat yang menjadi sesi terakhir kegiatan berlangsung pukul 14.30 hingga pukul 16.00 dengan tausyiah dan muhasabah. Melalui nilai-nilai religius, Trainer berhasil menggugah sisi emosional peserta sehingga hampir seluruhnya diam tertunduk tanda menyesali kesia-siaan masa lalu.