Kamis, 28 Februari 2019


WAJAH BARU DAFTAR HADIR GTK


Terhitung tanggal 22 Februari 2019 laman web daftar hadir guru dan tenaga kependidikan dalam jaringan (DHGTK V.2.1) telah dapat diakses oleh operator, kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan. DHGTK V.2.1 merupakan update penyempurna DHGTK V.2 yang telah lebih dulu dilaunching. Dengan mengetikkan Uniform Resource Locator http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2.1/ dikolom penjelajahan pada gawai ataupun PC,  pengguna langsung diarahkan kelaman website dimaksud.

Tak banyak perubahan antarmuka DHGTK V.2.1 dibandingkan versi sebelumnya. Pengguna diharuskan mengisi data pada kolom yang tersaji dilaman pembuka dengan mengentrikan; 1) NPSN sekolah, 2) User ID, 3) password, dan 4)capcha. Setelah mengklik tombol biru bertuliskan Sign In dengan kecepatan internet 40mbps dan server sedang tidak sibuk Pengguna tak butuh lama sudah dapat melihat tulisan Hadir GTK dan logo berbentuk telapak tangan, tulisan Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan, dan navigasi utama. Pada bagian bawah tulisan  navigasi utama terdapat 4 menu yang terdiri dari Dashboard, kelengkapan Sekolah, laporan, dan Log Out. Setiap pengguna mengklik menu yang dipilih,  tampilan DHGTK V.2.1 berubah otomatis menurut sub menu yang terdapat pada menu itu.

Dengan mengklik menu dashboard, pengguna dapat melihat; kalender, identitas sekolah, rekapitulasi kehadiran pada tanggal berjalan, dan daftar Kehadiran GTk yang dipisahkan dua kolom. Beberapa ikon aktif pada laman ini dapat dimanfaatkan pengguna untuk  mendapatkan keterangan detail sesuai tanggal yang dipilih.  Pengguna dapat menggulir tanggal yang ada pada kalender jika ingin mendapatkan keterangan menrut tanggal yang dikehendaki. Pengguna juga dapat menambah atau mengurangi GTK berdasar data terbaru disekolahnya.

Pada menu Kelengkapan Sekolah terdapat 5 sub menu, yaitu; 1) izin pegawai, 2) operasional sekolah, 3) kalender Pendidikan, 4) entry kehadiran, dan 5) SPTJM. Sub menu izin pegawai disediakan untuk mengentrikan keterangan jika ada GTK yang tidak hadir dengan alasan tertentu.  Sub menu operasional sekolah disediakan untuk mengentrikan hari belajar dan pengaturan jam pelajaran dalam sepekan. Sub menu kalender pendidikan berupa template  yang harus dilengkapi pengguna sesuai kalender akademik sekolah. Sub menu entry kehadiran merupakan bagian yang harus dilengkapi bersumber data kehadiran GTK pada tanggal tertentu.  Sub menu terakhir adalah SPTJM, singkatan dari Surat Pernyataan Pertanggung Jawaban Mutlak Bagian ini merupakan lembar pernyataan Kepala Sekolah bahwa isian data DHGTK telah benar dan sesuai dengan keadaan sebenarnya. Lembar SPTJM ini dapat didownload berbentuk file pdf.

Empat dari lima sub menu DHGTK V.2.1 diatas sama persis dengan sub menu DHGTK V.2. Sub menu tersebut adalah 1) izin pegawai, 2) operasional sekolah, 3) kalender Pendidikan, dan 4) SPTJM. Bagi pengguna aktif takkan terasa sulit mengoperasikan semua fitur yang tersedia pada sub menu itu.

Berbeda halnya dengan sub menu entry kehadiran. Pada sub menu ini terdapat perubahan besar bagaimana cara mengentrikan kehadiran GTK. Setelah mengklik sub menu ini, pengguna secara default akan melihat tampilan entri kehadiran sesuai dengan hari dan tanggal pengguna sign in. Tampilan entri kehadiran itu berupa tabel yang terdiri dari tujuh kolom. Nama kolom pertama hingga kolom ketujuh adalah nomor urut, Nama GTK, NUPTK, Jabatan, Datang, Pulang, dan Akan Disimpan.

Mengerjakan DHGTK V.2.1 pada intinya adalah menyelesaikan pengentrian kolom kelima dan keenam pada sub menu entri kehadiran. Inilah pembeda DHGTK V.2.1 dengan versi sebelumnya. Pengguna diharuskan memasukan waktu kehadiran GTK sesuai data yang ada dengan mengklik ikon kalender sehingga muncul pilihan jam waktu siang (AM) dan jam waktu malam (PM).

Bagi pengguna yang asing dengan pembagian waktu AM/ PM,  pedomi saja jam pada PC atau gawai yang digunakan. Setelah pengguna mengklik jam-nya, selanjutnya akan muncul rincian menit. Bila diamati terlihat setiap selang antar waktu yang satu dengan yang lainnya bersilisih lima menit. Jika pengguna berhasil mengentrikan waktu yang sesuai dengan keadaan sesungguhnya, maka tombol yang terdapat pada kolom ketujuh akan bergulir otomatis kearah kanan dan berubah warna menjadi biru muda.

Pengerjaan DHGTK V.2.1 sebaiknya dilakukan setiap hari agar data kehadiran GTK yang dientrikan oleh pengguna faktual. Namun hal ini sulit diwujudkan karena berbagai alasan. Satu diantaranya disebabkan laman website http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/V.2.1/  sering mengalami perbaikan. Untuk itu pengguna dapat mensiasatinya dengan membuat pengalaan  waktu yang tidak terlalu panjang dan menyulitkan karena banyaknya data, misalnya sekali tiga hari, sekali seminggu, atau sekali dua puluh hari. Lagipula saat ini rata-rata sekolah telah memiliki mesin pindai sidik jari yang dapat merekam kehadiran GTK.

Bagi perorangan yang tidak hadir karena alasan tertentu, pengguna dapat menambahkan keterangan penyebab ketidakhadiran GTK tersebut pada menu Izin Pegawai.  Dalam pengerjaannya pengguna menyiapkan dokumen pendukung untuk menjelaskan ketidak hadiran GTK itu untuk di-entrikan dalam kolom-kolom tersedia.

Dibandingkan pengguna lain, Kepala Sekolah memiliki kewenangan lebih dalam mengakses DHGTK V.2.1. Kepala sekolah tidak hanya dapat melihat data kehadirannya pribadi, tetapi juga dapat memodifikasi isian data yang dilakukan oleh Operator Sekolah. Selain itu juga merupakan kewajiban bagi Kepala Sekolah untuk mengunci isian DHGTK V.2.1 pada awal bulan untuk isian data bulan berlalu. Kuncian data itu berupa dokumen SPTJM yang isinya rekapitulasi kehadiran GTK pada bulan berlalu.

Masih penasaran ?
Cekidot DISINI..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar