Kamis, 20 Desember 2018

DEWAN PENDIDIKAN KABUPATEN DATAR
JARING, ANALISIS DAN BERDAYAKAN MASYARAKAT BAGI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN


Dewan Pendidikan Kabupaten Tanah Datar yang dilantik oleh Bupati Tanah Datar tanggal 28/9/2018 pada hari Kamis 20/12/2018 melakukan kunjungan ke SMP Negeri 2 Sungai Tarab. Kunjungan Tim Dewan Pendidikan yang diketuai oleh Drs. Yuliasman, MA beranggotakan Dr. Drmina, M. Pd dan Arismen, SE MM. Kunjungan Tim ini ditujukan untuk menjalin silaturahmi sekaligus menjaring masukan untuk penyusunan dan penmantapan program Dewan Pendidikan itu sendiri. 


Dalam sambutannya Kepala SMP Negeri 2 Sungai Tarab, Defison, S. Pd memaparkan profil singkat sekolah dan prestasi yang telah dicapai sejak menyandang nama SMP dari tahun 1980. Ukiran prestasi itu sesungguhnya adalah bentuk kesungguhan peserta didik, guru, masyarakat dan pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan. Hingga saat ini meski kebanyakan guru telah berusia lanjut, namun semangat tetap menggelora dalam memberikan layanan pendidikan. Itu semua didorng oleh kebersamaan dengan orang tua dan Komite Sekolah, ujar beliau.


Sementara Ketua Komite SMP Negeri 2 Sungai Tarab dalam paparannya menyampaikan betapa besar harapan orang tua yang anak-anaknya bersekolah di SMP Negeri 2 Sungai Tarab dapat berprestasi dan mendapatkan ilmu bermanfaat. Segala sumber daya yang ada dikerahkan oleh orang tua untuk tujuan tersebut. Memang bila dibandingkan dengan kebanyakan sekolah bentuk dukungan finansial yang diberikan tidak terlalu besar, namun dapat diimbangi dengan tenaga dan pikiran. Oleh karena itu, Kepala Sekolah, Guru tidak perlu ragu dan takut dalam mengambil keputusan asal tidak menyalahi tata aturan yang berlaku. 

Dewan Pendidikan Kabupaten Tanah Datar dalam hantaran kata yang disampaikan oleh Arismen, SE MM menyatakan bahwa tujuan utama kedatangan Tim adalah menjalin silaturahmi dengan civitas akademika SMP Negeri 2 Sungai Tarab. Beliau mengucapkan terima kasah  karena telah disambut dan dapat bertemu langsung dengan para Guru, Pengurus Komite Sekolah, Pengurus Paguyuban Kelas, bahkan beliau menyampaikan apresiasi dengan diikutserkannya peserta didik dalam pertemuan ini. Sementara Ketua Tim Dewan Pendidikan, Drs. Yuliasman, MA menekankan arti pentingnya kebersamaan dalam pengayoman pendidikan dewasa ini. Semua bergerak serba cepat, dan dinamis. Demikan juga dengan ilmu, teknologi dan pengetahuan. Maka Guru, Orang tua, dan masyarakat harus bahu membahu sehingga tercipta program layanan yang mencirikan SMP Negeri 2 Sungai Tarab. Lahirkanlah satu atau beberapa program unggulan berbasis sekolah, ujar beliau.

Dalam sesi tanya jawab, Edli Miardy, S. Pd, Amrizal Siry, dan Rahmadeni, S. Pd menyampaikan hal senada tentang perlindungan Guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya disekolah. Banyak berita miris seputar Guru yang diperkarakan oleh Orang Tua hanya karena salah paham atau dangkalnya pemahaman hukum atas kasus yang terjadi disekolah. Menyikapi hal ini Drs. Yuliasman menegaskan pentingnya kesepahaman Guru-Orangtua dalam penanganan masalah peserta didik. Mulailah dengan sering-sering berkomunikasi.

Pengawas Satuan Pendidikan SMP Negeri 2 Sungai Tarab, Lastrawati, M. Pd dalam penutupan acara menyampaikan beberapa bentuk layanan pendidikan di SMP Negeri 2 Sungai Tarab yang saat ini telah bergerak kearah yang lebih maju. Diantaranya kegiatan Paguyuban Kelas yang telah berhasil menyulap ruang kelas menjadi lebih layak dan indah. Selain itu juga telah dilakukan pertemuan rutin orangtua dengan wali kelas, pertemuan orangtua-dengan orangtua, pendidikan keluarga dengan narasumber kabupaten, dan Kelas Inspirasi. Beliau juga menyinggung perihal pelaksanaan Ujian dan Ulangan harian yang dilakukan di SMP Negeri 2 Sungai Tarab sebagai satu-satunya sekolah yang menggunakan perangkat IT semacam komputer, laptop dan smartphone. Beliau juga berseloroh seandainya ada yang baralek dan memerlukan Orgen Tunggal kami juga menyediakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar