Sabtu, 22 Desember 2018

SERAHKAN RAPOR PENDIDIKAN 
TUTUP SMT GANJIL TP 2018/ 2019 PADA SMP NEGERI 2 SUNGAI TARAB

Penyerahan Rapor Pendidikan Peserta Didik kepada orang tua siswa menjadi agenda penutup kegiatan sekolah pada semester ganjil tahun pelajaran di SMP Negeri 2 Sungai Tarab. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Desember 2018 berlangsung sejak pukul 09.00 WIB diawali dengan penampilan sejumlah atraksi kesenian oleh peserta didik. 

Dalam sambutannya Kepala SMP Negeri 2 Sungai Tarab menyampaikan skema dan mekanisme penilaian yang telah dilakukan oleh guru mata pelajaran terhadap peserta didik hingga akhirnya dapat dilihat hasilnya dalam bentuk dokumen nilai. Saat ini disekolah kita ada dua bentuk dokumen nilai. Bagi peserta didik kelas VII dan kelas VIII dengan kurikulum 2013 dokumen laporan penilaian berbentuk lembaran-lembaran yang memuat nilai pengetahuan, keterampilan dan sikap. Sementara bagi peserta didik kelas XI dengan kurikulum 2006 dokumen laporan penilaian berbentuk buku nilai yang berisi penilaian pengetahuan. Tidak ada keraguan atas isi kedua dokumen tersebut karena sejak awal  telah diterapkan Prinsip-prinsip Penilaian sesuai dengan Permendikbud no 23/ 2016. Bahkan di SMP Negeri 2 Sungai Tarab telah diperkuat dengan Digitalisasi Penilaian. Beliau berharap dokumen yang diterima dapat dimaknai isinya dan dipelihara kerapiannya. Kepada orang tua beliau berpesan, "Jangan ada rasa marah pada anak setelah melihat isi Rapor itu nantinya". Mungkin dengan diskusi diperoleh simpulan yang lebih baik, ujar beliau.

Khusus untuk peserta didik kelas IX beliau berharap agar Laporan Pendidikan ini benar-benar dijadikan resolusi untuk aktifitas pembelajaran kedepannya. Sekolah telah melaksanakan sebagian program Sukses UN sejak bulan September yang lalu berupa penambahan jam pembelajaran untuk Mapel UN, pelaksanaan Tes Intelegensia, Registrasi dan Verifikasi data Calon Peserta UN, dan Pelaksanaan Simulasi UNBK. "Jangan sia-siakan upaya dan waktu yang telah berlalu", kata beliau.

Selain laporan akademik, Kepala SMP Negeri 2 Sungai Tarab juga menyampaikan beberapa informasi perkembangan sekolah kepada orang tua siswa baik fisik maupun kegiatan kesiswaan. Diantaranya pemasangan keramik gang samping kelas VII. B, pemasangan penutup tali bandar disepanjang kelas VII. A dan VII. B, pengecatan sebagian tonggak luar dan dinding luar ruang Pustaka, ruang Mejelis Guru dan ruang Bimbingan & Konseling, serta penataan taman sekolah. 

Kepala Sekolah juga menyampaikan catatan prestasi Peserta Didik selang waktu enam bulan dari berbagai lomba yang diikuti, diantaranya Juara II Lomba PBB tingkat Kecamatan, Juara I Hafidz Tingkat Kecamatan, dan Juara III Tahfidz Tingkat Kabupaten, serta pada saat ini sedang berlangsung Perkemahan Pramuka Siaga-Penggalang Kwarcab Tanah Datar dengan melibatkan Peserta Didik SMP Negeri 2 Sungai Tarab sebagai utusan Kecamatan Sungai Tarab. "Diharapkan kedepannya semakin banyak lomba yang diikuti oleh peserta didik dan memperoleh hasil maksimal", tukas beliau. 

Diakhir sambutannya Kepala Sekolah mengumumkan waktu libur dimulai tanggal 24 Desember 2018 dan berkahir tanggal 1 Januari 2019. Tepat tanggal 2 Januari 2019 semua peserta didik kembali kesekolah dengan semangat baru menyongsong Semester genap TP 2018/2019. Selama libur diharapkan peserta didik tetap memelihara nama baik pribadi, orang tua dan sekolah. Hindari perbuatan tak bermanfaat dan meresahkan. "No Happy New Year", kata beliau.

Pada kesempatan yang sama juga diumumkan para pemuncak kelas, dan pemuncak lomba antar kelas yang telah dilaksanakan sebelumnya. Kepada pemenang diberikan hadiah dan piagam, dengan harapan dapat berprestasi lebih tinggi lagi dan memotivasi peserta didik yang lainnya agar juga berprestasi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar